Kamis, 06 Agustus 2020

KOMUNIKASI TEAM WORK


Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mencapai tujuan dalam kelompok dibutuhkan sebuah kerja sama yang solid antar masing-masing anggota tim.
Kerja sama yang apik antar anggota tim dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan perusahaan maupun organisasi. Salah satu hal yang patut diperhatikan dalam menjalin kerja sama tim adalah komunikasi yang baik. Apabila komunikasi tersebut dapat terjalin dengan baik antar seluruh anggota kelompok, maka peluang pencapaian keberhasilan pun akan cenderung meningkat. Meskipun demikian, dalam prakteknya, proses komunikasi ini seringkali mengalami hambatan, sehingga menyebabkan berbagai kendala bagi tim untuk memperoleh tujuan bersama.

Image From : https://www.wefitter.com/wp-content/uploads/2018/06/improve-teamwork-wefitter-blog-thegem-blog-default.png
Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai komunikasi dalam kelompok, mari kita ulas secara singkat mengenai komunikasi itu sendiri. Secara teoritis, komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian informasi (ide, gagasan, saran, pesan) dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Istilah komunikasi berasal dari kata latin communicare atau communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Dari pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa komunikasi bertujuan untuk membuat orang lain memahami pesan maupun informasi yang kita berikan kepada mereka. Terdapat dua bentuk komunikasi yang sering dilakukan, yaitu komunikasi secara verbal maupun non-verbal. Komunikasi verbal biasa dilakukan secara langsung maupun melalui tulisan, sedangkan komunikasi non-verbal dapat terlihat dari gerak tubuh maupun ekspresi wajah seseorang.
Dalam sebuah perusahaan, setiap orang memiliki kewajiban untuk mengembangkan komunikasi dengan berbagai pihak. Tujuannya adalah agar dapat membangun kerja sama tim yang baik guna mencapai keberhasilan bersama. Berikut ini adalah pola komunikasi yang perlu diterapkan di dalam sebuah tim kerja.
  1. Komunikasi dari pemimpin ke anggota tim
Image From : https://blogin.co/uploads/images/goal-oriented-communication-team.jpg

Seorang pemimpin merupakan ujung tombak dari keberhasilan sebuah tim. Ia bertanggung jawab untuk membangun komunikasi yang baik antar masing-masing anggotanya. Agar kerja sama tim terbangun dengan baik, maka komunikasi yang diterapkan pun tidak hanya berlangsung dalam satu arah saja. Diperlukan timbal balik dari bawahan agar pemimpin pun memahami kebutuhan serta keinginan tim kerjanya. Oleh karena itu, selain memberikan arahan dan instruksi kepada bawahannya, seorang pemimpin juga harus mau mendengarkan, menerima saran, dan mengajak seluruh anggotanya untuk terlibat dalam kegiatan lain di luar tugas-tugas utama. Sesungguhnya, keberhasilan sebuah tim dapat terlihat dari bagaimana cara pemimpin tersebut membangun kerja antar anggota timnya.
  1. Komunikasi dari anggota tim ke pemimpin
Image From : https://thehumanfactor.biz/wp-content/uploads/2019/03/b-1.jpg

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perlu adanya timbal balik dari masing-masing anggota tim kepada pemimpin maupun tim kerjanya. Komunikasi yang diterapkan pun harus bersifat jujur dan terbuka. Seorang anggota tim tidak hanya selalu turut atas instruksi maupun keputusan dari pemimpin mereka. Ia pun memiliki kewajiban untuk menyampaikan gagasan maupun ide yang mereka miliki dalam proses penyusunan stategi maupun penyelesaian masalah. Selain itu, anggota tim pun perlu mengkomunikasikan seluruh hambatan maupun kendala yang dihadapi kepada pemimpinnya sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cepat.
  1. Komunikasi antar anggota tim
Image From : https://www.marketing91.com/wp-content/uploads/2018/03/Types-of-Communication.jpg

Pada dasarnya, kesuksesan sebuah tim didukung oleh orang-orang yang ada dalamnya. Oleh sebab itu, setiap anggota wajib memahami peran dan tanggung jawabnya dalam sebuah kelompok. Apabila terdapat anggota yang kinerjanya menurun, teman yang lain memiliki kewajiban untuk menanyakan permasalahan dan mencari solusi atas masalah tersebut. Sebab apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka akan sangat berdampak besar bagi keberhasilan dari tim itu sendiri. Masing-masing anggota tim juga perlu mengkomunikasikan seluruh informasi maupun hambatannya kepada kelompok agar dapat terjalin kerja sama yang apik guna mencapai keberhasilan bersama.
  1. Komunikasi dari tim ke pihak eksternal
Image From : https://img-a.udemycdn.com/course/750x422/2539510_b370_2.jpg

Lingkup kerja tidak hanya berkutat pada sebuah kelompok saja, ada pihak-pihak lain yang memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah tim. Oleh sebab itu, seluruh anggota tim memiliki kewajiban yang sama dalam menjalin komunikasi dengan pihak-pihak lain baik pelanggan, rekan bisnis, dan masyarakat.

Sumber : MODUL BK SMK-SMTI Pontianak

36 komentar:

  1. Nama Claudio Octavianto
    Kelas XII TP2

    BalasHapus
  2. NAMA : MAEDA INDRA GUMILANG
    KELAS : 12 TP2

    BalasHapus
  3. Nama: ihkbal Pangestu
    Kelas: Xll tp 2

    BalasHapus
  4. Nama:Robby setiawan
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  5. 6 Agustus 2020 14 .52
    Nama:Giri akbar tri fatwa
    Kls :xll tp2

    BalasHapus
  6. Nama:Taufik Usdi Mahendra
    Kls : XllTP2

    BalasHapus
  7. Nama:Rizky Pratama
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  8. Nama : Wahyu syah putra
    Kls : XII TP 2

    BalasHapus
  9. Nama : Gregorius Ezra
    Kelas : XII TP 2

    BalasHapus
  10. Nama : Fridiawan Catur R
    Kelas: XII TP2

    BalasHapus
  11. Nama : Reza Amirul Prasetyo
    Kelas : XII TP2

    BalasHapus
  12. Nama : Galih Angga Kusuma
    Kelas: XII TP 2

    BalasHapus
  13. Nama:ARDI ERTAMA PUTRA
    Kelas:XII Tp2

    BalasHapus
  14. Nama: Fadillah Rahman
    Kelas: XII Tp3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Fadillah Rahman
      Kelas: XII Tp2

      Maaf yang Tp3 salh

      Hapus
  15. Nama:asyrofi irzan hamsa
    Kelas :XII TP2

    BalasHapus
  16. Nama : Fabianus Moling Mahaditio Putra
    Kelas :XIITP2

    BalasHapus
  17. Nama: Finanto Valentino
    Kelas: XII TP 2

    BalasHapus
  18. Nama : rony tri sauokal
    Kelas : XII TP 2

    BalasHapus
  19. Nama:M Rafli indrawan
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  20. Nama:wibi andika prasetyo
    Kelas:XII tp 2

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama: Adji Chandra gunawan
    Kelas: XIITP2

    BalasHapus
  23. Nama : I Komang Tirta Danu Wisesa
    Kelas: XII Tp2

    BalasHapus
  24. Nama:muhamad toufik
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  25. Nama: fahrin Radhilka
    Kelas : XII TP2

    BalasHapus
  26. Nama : Nurhasanah
    Kelas : XII KI

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.