Pemahaman Diri adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. “Who am I ?” artinya siapa saya?. Pertanyaan itu sangatlah sederhana, tetapi mungkin memerlukan jawaban yang mendalam, karena banyak aspek yang harus diungkap. Aspek-aspek tersebut baik yang menyangkut kelebihan maupun kekurangannya, yang meliputi aspek : fisik, psikis, minat, bakat, cita-cita, kebutuhan-kebutuhan pokok serta gaya hidup yang diinginkan.
Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling sempurna juga sebagai makhluk yang unik. Dikatakan sebagai makhluk paling sempurna karena manusia diberikan akal dan pikiran yang dinamis untuk selalu berkembang, berinovasi sekuat tenaga. Sedangkan makhluk hidup lainnya seperti hewan, tumbuhan secara kodrati seperti rutinitas dalam hidupnya yaitu makan,minum,beranak..siklus mereka hanya begitu saja.
1. Pengertian Pemahaman Diri
Pemahaman diri banyak diperbincangkan oleh banyak orang dan setiap orang mengartikan pemahaman diri menurut cara pandang mereka masing-masing.
Maslow menyebutnya personal meaning yang dimuat Kira pada yahoo answer menggambarkan bahwa meaning dialami dari aktualisasi diri, individu yang termotivasi untuk mengetahui alasan atau maksud dari keberadaan dirinya. Ia juga mengatakan bahwa setiap individu memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhannya dari yang sederhana sampai kebutuhan yang kompleks. Aktualisasi diri adalah pencapaian suatu potensi terbesar dalam diri, menjadi yang terbaik yang dapat dilakukannya, dan mencapai tujuan hidup dirinya.
Selalin itu Baumeister mengatakan bahwa meaning mengandung beberapa bagian kepercayaan yang saling berhubungan antara benda, kejadian dan hubungan. Baumeister menekankan bahwa meaning pada akhirnya memberikan arahan, intensi pada setiap individu, di mana perilaku menjadi memiliki tujuan , daripada hanya berperilaku berdasarkan insting atau impuls.
Menurut Hartono pemahaman diri siswa SMA adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi dirinya yang mencakup ranah minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap yang mana pengenalan siswa atas pribadinya sendiri mencakup dua sisi yaitu pengenalan siswa atas keunggulannya dan pengenalan siswa atas kekurangannya sendiri. Kekuatan merupakan seperangkat kemampuan yang dimiliki siswa baik yang bersifat potensial maupun aktual. Kekuatan siswa menggambarkan keunggulan, kehebatan pribadi siswa, sedang kekurangan siswa adalah sejumlah keterbatasan yang dimiliki siswa. Kekurangan siswa menggambarkan ketidak mampuan siswa yang menjadi hambatan siswa dalam meraih cita-cita.
Dari uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa pemahaman diri adalah suatu situasi yang dialami individu dimana seseorang mengenal tentang potensinya baik potensi fisik maupun potensi psikisya sehingga individu memahami arah dan tujuan hidupnya atau cita-cita. Potensi fisik yaitu sejumlah kemampuan yang ada pada anggota badan dan panca indra individu sedangkan potensi psikis individu mencakup minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap. Pemahaman yang dimaksudkan disini tidak hanya terbatas pada pengenalan siswa atas keunggulannya saja tetapi juga mencakup pengelan siswa atas kekurangan yang ada dalam diri.
2. Tujuan Pemahaman Diri
Pemahaman diri merupakan aspek penting bagi siswa SMA. Siswa yang memahamai diri lebih memiliki peluang yang besar dalam meraih cita-cita dari pada siswa yang belum mengenal dengan baik akan diri mereka sendiri, karena mereka yang memahami diri telah memahi kemampun, minat, kepribadian, dan nilai termasuk kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri mereka sehingga mereka memiliki arah dan tujuan hidup yang realistis dimana mereka memilliki cita-cita yang sesuai dengan potensi diri.
Dari uraian di atas kami menyimpulkan bahwa tujuan pemahaman diri bagi siswa adalah:
- Mampu mengeksplorasi potensi diri mereka yang mencakup: minat, abilitas, dan cita-cita sehingga individu dapat merencanakan karier yang sesuai dengan potensi diri.
- Siswa bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam memasuki dunia kerja. Dengan persiapan yang matang individu dapat mencapai kesuksesan dalam berkarier.
- Siswa mencapai kematangan dalam perkembangan karier
- Siswa mampu mengambil keputusan karier secara mandiri
Siswa SMA merupakan usia dimana seseorang mencapai kematangan kariernya. Kematangan karier bagi siswa terbukti bila mereka mampu mengambil keputusan karier secara mandiri, dimana kemandirian itu tidak pernah terlepas dari pengaruh pemahaman diri siswa.
Menurut Bastaman menjelaskan dalam diri seseorang yang memahami diri terjadi meningkatnya kesadaran atas buruknya kondisi diri pada saat ini dan keinginan kuat untuk melakukan perubahan kearah kondisi yang lebih baik.
Siswa yang memahami diri memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
a. Percaya diri
Dalam kamus istilah Bimbingan dan konseling yang ditulis Thantaway percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.
Menurut Hakim rasa percaya diri yaitu suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan optimis di dalam melakukan semua aktivitasnya, dan mempunyai tujuan yang realistik, artinya individu tersebut akan membuat tujuan hidup yang mampu untuk dilakukan, sehingga apa yang direncanakan akan dilakukan dengan keyakinan akan berhasil atau akan mencapai tujuan yang telah ditetapkannya.
- Selalu bersikap tenang di dalam mengerjakan segala sesuatu;
- Mempunyai potensi dan kemampuan yang memadai;
- Mampu menetralisasi ketegangan yang muncul di dalam berbagai situasi.
- Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi;
- Memiliki kondisi mental dan fisik yang cukup menunjang penampilannya;
- Memiliki kecerdasan yang cukup;
- Memiliki tingkat pendidikan formal yang cukup;
- Memiliki keahlian atau keterampilan lain yang menunjang kehidupannya, misalnya ketrampilan berbahasa asing;
- Memiliki kemampuan bersosialisasi;
- Memiliki latar belakang pendidikan keluarga yang baik;
- Memiliki pengalaman hidup yang menempa mentalnya menjadi kuat dan tahan di dalam menghadapi berbagai cobaan hidup;
- Selalu bereaksi positif di dalam menghadapi berbagai masalah, misalnya dengan tetap tegar, sabar, dan tabah dalam menghadapi persoalan hidup.
b. Befikir positif, dengan cirri sebagai berikut:
4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa
- melihat masalah sebagai tantangan
- menikmati hidupnya
- pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
- mengenyahkan pikiran negatif segeraa setelah melintas di pikiran
- mensyukuri apa yang dimilikinya, bukan berkeluh kesah.
- tidak mendengarkan gosip dan isu yang tidak tentu
- Tidak banyak “excuse”, langsung action.
- Menggunakan bahasa positif, optimis.
- Menggunakan bahasa tubuh yang positif
- peduli pada citra diri sendiri
- Memiliki kebiasaan yang efektif, dengan cirri sebagai berikut:
- Menjadi proaktif
- Merujuk pada tujuan akhir
- Mendahulukan yang utama
- Berpikir dan bertindak menang-menang
- Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti
- Mewujudkan sinergi
- Melakukan evaluasi
4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa
Pemahaman diri (minat, abilitas, kepribadian, nilai-nilai dan sikap, kelebihan dan kekurangan) di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang turut mempengaruhi pemahaman diri ditentukan oleh diri terbuka dan tertutup. Kepribadian yang terbuka berkonstribusi positif terhadap pemahaman diri, sedangkan kepribadian yang tertutup adalah faktor penghambat dalam pemahaman diri. Faktor eksternal (lingkungan) yang mempengaruhi pemahaman diri antara lain, lingkungan keluarga, teman sebaya, dan sekolah.
Menurut Hurlock masa remaja dikatakan sebagai masa transisi karena belum mempunyai pegangan, sementara kepribadianya masih menglami suatu perkembangan, remaja masih belum mampu untuk menguasai fungsi-fungsi fisiknya. Remaja masih labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Remaja sebagai bagian dari generasi penerus yang menjadi tonggak sebagai individu yang bermakna pada hari kemudian diharapkan juga memiliki pemahaman tentang diri yang benar, hal tersebut sangat diperlukan bagi setiap orang dalam menjalani kehidupannya, sehingga di peroleh suatu gambaran yang jelas tentang dirinya dan supaya sremaja bias menjalankan apa yang sudah didapatkannya.
Banyak aspek yang harus dipahami oleh seseorang, diantaranya :
a. Aspek Fisik
Seluruh anggota badan individu termasuk bagian-bagiannya. Artinya individu harus mengenali dan memahami kondisi jasmaniahnya dengan segala potensinya. Apakah kondisi jasmani semua sehat ? Apakah kondisi jasmaniahnya normal dan sebagainya. Hal ini penting agar individu mampu mengambil keputusan dengan tepat dan mampu menyikapi hidup ini dengan benar.
Adalah yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan individu.Bagaimana kecerdasannya, bagaimana emosinya.Sehingga individu mampu menyikapi pilihan-pilihan karir dan masa depan juga mampu menempatkan dirinya dalam berhubungan dengan orang lain.
c. Aspek Minat.
Minat adalah rasa tertarik yang kuat terhadap obyek tertentu. Hal ini penting untuk dipahami individu,karena dengan adanya minat yang kuat terhadap obyek pilihan maka prestasi, keberhasilan yang diharapkan mudah tercapai demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu perlu penanaman minat terhadap diri individu terhadap berbagai obyek positif,sehingga timbul rasa menyenangi dengan motivasi tinggi.
d. Aspek Bakat.
Bakat adalah kemampuan yang dibawa oleh seseorang sejak lahir dan bersifat menurun (genetik). Pentingnya individu memahami bakat ini adalah agar individu mampu mengembangkan dirinya secara optimal. Bakat akan cepat berkembang dengan baik apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana. Oleh karena itu peran semua masyarakat untuk memberi wadah penyaluran bakat-bakat terpendam positif sehingga memunculkan putra-putri berbakan di tanah air kita.
Cita-cita adalah gambaran diri yang ada pada diri seseorang. Ada yang menyebut “Potret Diri” seseorang. Artinya apabila individu mengatakan dengan lisan, misalnya : “Cita-cita saya ingin menjadi TNI/POLRI”. Individu harus memahami apakah dirinya sudah memiliki potret diri menjadi seorang TNI/POLRI..Sudah tergambarkah secara keseluruhan dalam diri individu kriteria , syarat-syarat dan sebagainya yang mutlak harus dipenuhi untuk bisa menjadi anggota TNI/POLRI. Hal ini penting untuk dipahami dengan cermat gambaran dirinya,sehingga ia benar-benar mampu dan dapat memilih karir sesuai dengan cita-citanya.
Hal ini penting juga untuk dipahami oleh individu,kebutuhan-kebutuhan pokok seperti apa yang diinginkan dalam menjalani kehidupan ini. Apakah hidup ini hanya untuk makan atau makan untuk hidup.Apakah individu hanya menginginkan kebutuhan jasmani saja, atau individu disamping perlu kebutuhan-kebutuhan untuk jasmani,juga memerlukan kebutuhan bathin, dan sebagainya. Misalnya : makan,minum,keamanan, kasih sayang, rekreasi,aktualisasi diri,sosialisasi,dan sebagainya. Oleh karena itu individu perlu menentukan kebutuhan-kebutuhan pokok seperti apa yang diinginkan dalam hidup ini.
Gaya hidup yang diinginkan oleh masing-masing orang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang ingin bergaya hidup elite, ada yang ingin bergaya hidup biasa-biasa saja atau bergaya hidup sederhana. Oleh karena itu gaya hidup atau “life style”,ini perlu dipahami dengan benar. Individu hendaknya menyesuaikan dengan kemampuannya,sehingga dalam menyikapi hidup ini tidak diperbudak oleh hawa nafsunya.Ketrampilan, kerja keras, pengalaman dan sebagainya akan mempermudah untuk memutuskan gaya hidup seseorang.
a. Merasa rendah diri dengan wajah yang kurang cantik/cakep.
Untuk masalah rendah diri dengan wajah yang kurang cantik ini, lebih menonjol pada masalah kurang kepercayaan diri (kurang PD). Siswa-siswi SMA sering mengalami masalah ini, bahkan kebanyakan orang-orang merasa tidak PD dengan wajah mereka yang dianggap tidak cantik/cakep.
Untuk mengatasi hal ini ada beberapa hal yang perlu kita terapkan pada diri kita sendiri, yaitu :
- Tidak menghiraukan siapa yang memandang kita.
- Percaya diri sajah dengan apa yang kita miliki.
- Lakukan aktifitas dengan baik.
- Tunjukkan sesuatu yang menurut anda merupakan kelebihan yang anda punya,
- Jika kulit wajah anda gelap ( hitam ) pakailah bedak yang sewajarnya.
- Jika kulit badan anda gelap ( hitam ) pakailah pakaian yang warnanya tidak bertolak belakang dengan warna kulit anada, misalnya warna kuning, merah, hijau dan orange. Cobalah memakai pakaian dengan motif warna coklat, krem, atau pink muda.
- Usahakan kulit anda tidak kusam dan anda selalu tampil dengan keadaan yang sederhana namun membwa kesan yang anggun.
Sumber : http://menzour.blogspot.com/2016/11/makalah-pemahaman-diri-bimbingan.html
mawar nabila
BalasHapusx ki 1
Luqmanul hakim
HapusX ki 1
Nama :Willy Cristiano Saputra
HapusKelas:X APL 2
Nama:Delvia Amanda
HapusKelas:x apl 2
Nama:Delvia Amanda
HapusKelas:x apl 2
Nur hidayad
BalasHapusX ki 1
Rita chaniago X kl1
BalasHapusNabila Putri Ramadhania
BalasHapusX Ki 1
Nama:Welly
BalasHapusKelas:X KI 1
Sri Wahyuni
BalasHapusX KI 1
Angelie Natasha
BalasHapusX KI 1
Saputra X Ki 1
BalasHapusFidelia Wita Tarigas
BalasHapusX KI 1
Zulpa Lipia Aulia Angreani
BalasHapusX KI 1
Ramadhan Surya Laksana
BalasHapusX KI 1
Handoko Tri wibowo
BalasHapusX KI 1
Sendy Oktaviana
BalasHapusX KI 1
Maulana Tirta Mahardika
BalasHapusX KI 1
RIBI AFTANIA
BalasHapusX KI 1
Muhammad raihan pratama x ki 1
BalasHapusSamaniah Rizkika Vidyanata
BalasHapusX KI 1
Muhammad raihan pratama x ki 1
BalasHapusImaniar Rachmah X KI 1
BalasHapusDzaki Dwi Murtado X KI 1
BalasHapusArdhi anugrah X KI 1
BalasHapusAswin kelas X KI 1
BalasHapusJanuar mujianto X KI 1
BalasHapusMaulidhia sari X KI 1
BalasHapusPutri aulia sari X KI 1
BalasHapusRio saputra x ki 1
BalasHapusX KI 1 Mulia firman sianipar
BalasHapusDeco
BalasHapusX KI 1
Muhammad Dzaki Fadhli Sugianto
BalasHapusX KI 1
Gustian Tegar Pratama
BalasHapusKls:X KI 1
Nama: Apriansyah
BalasHapusKelas: X TP 4
Nama : Dewa Putra Sriwijaya
BalasHapusKelas : X TP 4
Robbi Prasatiyo
BalasHapusKelas X TP4
Nama : Fauzi dwi putra kurnia
BalasHapusKelas : X TP4
Nama:VERI YANTO
BalasHapusKelas:X TP4
Nama: Rahmat Hidayat
BalasHapusKelas: X TP 4
Nama : Arif Wicaksono
BalasHapusKelas : XTP 4
Absen no : 4
Nama : Muhammad Riski
BalasHapusKelas : X TP4
Nama : Muhammad Riski
BalasHapusKelas : X TP4
Nama: Gusmau Hilawa Mustaqim
BalasHapusKelas:X TP 4
No absen:13
Nama: Rizferi Arnanda
BalasHapusKelas: X TP 4
Nama : Ponti Irsa Al Dzadit
BalasHapusKelas : X TP 4
No Absen : 24
Nama:Yuza Maulana
BalasHapuskelas:X TP 4
no absen:34
NAMA : Dwi pujo Basuki
BalasHapusKelas : XTP 4
No absen: 9
Nama:Muhammad Afrizal
BalasHapusKelas:X TP 4
No absen:18
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama:Dimas Pramudita
BalasHapusKelas:X TP4
Absen:8
NAM: : RIFKI TRI SUSANTO
BalasHapusKLS: X TP 4
NO ABSEN : 28
Nama :Nova Yugo Prasojo
BalasHapusKelas:X TP4
Absen:23
Nama:syarif fahri ramadhani
BalasHapusKelas:X Tp 4
No absen:32
Nama: Muhammad Luthfi
BalasHapusKelas: X TP 4
No absen: 20
Nama:ismail
BalasHapusKelas:x tp4
No absen:16
Nama: Luthfi Fauzi yusendar
BalasHapusKelas:X TP4
Nama:Muhammad Zhuhri Alfandi
BalasHapusKelas:X TP 4
nama:muhammad Faisal anas
BalasHapusKls:xtp4
Absen:19
Nama: ILHAM
BalasHapusKELAS: X TP 4
ABSEN: 15
Nama : Rendi Kurniawan
BalasHapusKelas X TP 4
Absen : 27
Nama : Hamar Syahardi
BalasHapusKelas : X TP 4
Absen : 14
Nama:JANI
BalasHapusKelas:KI1
Absen:13
Nama :sony faiturahim
BalasHapusKelas :X Tp 4
Absen :31
Nama:Ade Kurniawan
BalasHapusKelas:xTp4
Absen:1
Nama:Feri Dwiyansyah
BalasHapusKelas:X Tp 4
Absen:12
Nama:Feri Dwiyansyah
BalasHapusKelas:X Tp 4
Absen:12
Nama:Rama
BalasHapusKelas:X TP4
Absen:26
Nama : Danar Satya Yudha
BalasHapusKelas : X TP 4
Absen :
Nama:Nabila indrianingsih
BalasHapusKelas:X APL 2
Nama : Rangga Tri Prayoga
BalasHapusKelas : X APL 2
Absen : 25
Nama: Ninda Ayu Sujiana
BalasHapusKelas: X APL 2
Nama: Manambai Dading Kalbuadi
BalasHapusKelas:X APL2
Absen:15
Nama:Ulya Raudhatul Muna
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:35
Nama : Silvi Yulia Saharani
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 30
Nama:Tania Yusria
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 33
Nama: Devika silfany
BalasHapusKelas: x APL 2
Absen: 06
Nama:Indri Tri Rismadanti
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:12
Nama: Tsabitul Azmi
BalasHapusKelas:x APL 2
Nama: Susan aulia
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 32
Nama : Inosensius Mere Mangu
BalasHapusKls : X APL 2
Absen : 12
Nama: Davina Qanitah
BalasHapusKelas: X APL 2
Nama: Noraishah Azura
BalasHapusKelas:X APL2
Absen:22
Nama :Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:19
Nama : Asih Eqsania Pertiwi
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 3
Nama: Nuzhatul Husna
BalasHapusKelas: X APL 2
Nama : Hesti Marisa Ananda
BalasHapusKelas : X Apl 2
Absen : 10
Nama : Hamira
BalasHapusKelas : X Apl 2
Absen : 8
Nama: Aini sucia
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:1
Nama : Riestha siahaan
BalasHapusKelas : X APL 2
Absen : 27
Nama : Muhammad Dzikri Abdillah
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 18
Nama: Ratu Khansa Adilla
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 26
Nama: Syarif Muhammad haykal
BalasHapusAbsen:32
Kelas:XTP1
Nama : antholin chua hokkin
BalasHapusAbsen : 03
Kelas : X TP 1
Nama: Novi Andi Ramadhan
BalasHapusAbsen : 25
Kelas : X TP 1
Nama:Dian Saputra
BalasHapusKelas:XTP1
Absen:8
Nama:Muhammad Rafli Andri Fatiha
BalasHapusKelas:X TP1
Absen:21
Nama: Aariz Hafid
BalasHapusKelas: X TP 1
Absen: 1
Nama: Jayadi setiono
BalasHapusKelas: XTP1
Abzen: 17
Nama cakra tirta dirgantara
BalasHapusKelas X T1
ABSEN 06
Nama:Gusti Raihan
BalasHapusKelas:X TP 1
Absen:14
Nama cakra tirta dirgantara
BalasHapusKelas X T1
ABSEN 06
Nama:Indra Ashari Julianto
BalasHapusKelas:X TP 1
Absen:16
Nama : Luthfi Kurniawan
BalasHapusKelas: X TP1
Absen:18
Nama: fajar akbar
BalasHapusKelas: X TP 1
Absen: 11
Nama : Eka Setiyo Pamuji
BalasHapusKelas : X TP 1
ABSEN : 10
Nama : Muhammad Febrian Riadi Rahman
BalasHapusKelas : X TP 1
Absen: 20
Nama: Rizki Rahmadan
BalasHapusKelas: X TP 1
absen: 29
Nama:Rama Satria
BalasHapusKelas:X TP1
Absen:27
Nama:Rifky Novyan Saktya
BalasHapusKelas:X TP1
Absen:28
nama : muhammad alief chandra
BalasHapuskelas : xtp1
absen : 19
Nama:Nabil Nurachmadi
BalasHapusKelas:X TP1
Absen:24
nama=feri yanto
BalasHapuskelas= X TP 1
ABSEN=13
Nama :Robby Apta Abeltian
BalasHapusKelas : X TP1
Absen :31
Nama: David Abedsen
BalasHapusAbsen: 7
Kelas: X TP 1
Nama : Apriliandi Dzahirul Ba'asith
BalasHapusAbsen : 04
Kelas : X TP 1
Nama: Vichas Bhadai Khan
BalasHapusAbsen:33
Kelas X TP1
Muhammad rizqullah
BalasHapusXTP1
Dio daniel immanuel
BalasHapusKelas X TP 1
Nama:Aldiko Tofero
BalasHapusAbsen:02
Kelas: X TP1
Nama:Ana putri rohani
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:02
Nama:Ana putri rohani
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:02
Nama:Putra Affrizal
BalasHapusNo Absen:26
Kelas:X TP1
Nama : Hardian Nurrasyid
BalasHapusKelas : X TP1
No Absen : 15
Nama : ARIL SYAHBANDI
BalasHapusKelas : X TP1
No absen : 5
Nama : Steven
BalasHapusKelas : X TP1
NO ABSEN : 31
Nama : Zenda Peter Al-adhim
BalasHapusKelas : X TP 1
No Absen : 34
Nama : Syarif Mahez
BalasHapusKelas : X KI 3
No Absen : 34
Nama:Hesti Aulia
BalasHapusKelas:X KI 3
No Absen:11
Jakaindrasaputra
BalasHapusX kI 3
Nama: NAUFAL SHEVA IFTIKHOKOR
BalasHapusKelas: X KI 3
NO ABSEN:23
Nama:Reza pratama
BalasHapusKelas:X KI 3
NO Absen:25
Nama:Sri Nanda Monasika
BalasHapusKelas:x KI 3
Absen:32
Nama : Eren
BalasHapusKelas : X KI 3
Absen : 8
Nama:Muhamad Abdur rahim
BalasHapusAbsen:21
Kelas:X KI2
Nama : Irfan Maulana
BalasHapusKelas : X KI 3
absen : 12
Nama : Dimas Dhiyaul Haq
BalasHapusKelas : X KI 3
Absen : 7
Nama:valentine G Rosa Br Aritonang
BalasHapusKelas: X KI 3
Absen:35
Nama:Muhammad Choirun Nizam. Kelas:X KI 3. NoAbsen:18
BalasHapusNama: Marella aprydanti
BalasHapusKelas: X KI3
Absen: 17
Nama:Ririn Nurhayati
BalasHapusKelas:X KI 3
Absen:26
Nama : Roni
BalasHapusKelas : X KI 3
Absen :29
Nama:steven hidayat
BalasHapusKelas: X KI 3
Absen:33
Nama :robi juanda
BalasHapusKelas: X KI 3
Absen: 28
Nama :Muhammad Ridho Adzandri
BalasHapusKelas :X KI 3
No Absen:21
Nama : Lidya Ratu Ludwyana
BalasHapusKelas : X KI 3
Absen : 16
Nama: Frederikus Rangga
BalasHapusKelas: X KI 3
Absen: 10
Nama:Khalid Raihan
BalasHapusKelas:X KI 3
No absen:15
Nama:Deka Akbar Reva
BalasHapusKelas:X KI 3
No Absen:5
Nama: Budy Permana
BalasHapusKelas: X KI 3
No absen: 4
Nama: Jonathan Gerald Nababan
BalasHapusKelas: X KI 3
No Absen: 14
Nama : Alfie Alfaregie Herfyanto
BalasHapusKelas : X KI 3
Absen : 1
Nama:Muhammad Fikri Akbar
BalasHapusKelas:X KI 3
Absen:19
Nama: Selsi Ramadanila
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen: 32
Nama:M.fachry akhyar
BalasHapusAbsen:22
Kelas:XKI2
Nama : Mayla Bilbina Atha Huda
BalasHapusKelas : X KI 2
Absen : 20
Nama:Nurul Izzati
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:25
Nama: Jumiati
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen:17
nama:rizki ramadhan
BalasHapuskelas: X KI2
absen:29
Nama:Hamzatu Rusyda
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:11
Nama : Evan Tirta
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen: 8
nama:Angku Damar Wendra
BalasHapuskelas:X KI 2
absen:2
Nama: Ilman
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen: 13
Nama: Putri Brilliant Rambu Rabani
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:26
Nama:Icha safitri
BalasHapusKelas:X KI2
Absen:12
Nama:lyra Virna
BalasHapusKelas:X Ki 2
Absen:19
Nama : Shazada Nafi Shafigo
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen: 33
Nama:Siska Febrianti
BalasHapusKelas:X KI2
Absen:34
Nama:Muhamad Abdur rahim
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:21
Nama:giska putri andini
BalasHapusKelas:X KI2
Nama:Lutfi zaini
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:18
Balas
Nama : Joan Arcadia
BalasHapusKelas:X KI 2
Nama:Rafi Pradipa Putra
BalasHapusKelas:X KI2
Absen:27
Nama:Rullan Anggraini
BalasHapusKelas:X KI 2
ABSEN:31
Nama: Cariel Marcelino
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen: 6
Nama: Juliansyah
BalasHapusKelas: X KI 2
Absen: 16
Nama:iyus rustini
BalasHapusKelas:X KI2
Absen:14
Nama:Bambang Irawan
BalasHapusKelas:X Ki 2
Absen:5
Nama:syahbaniah
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:34
Nama :Rengga adji Pranaya
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:28
Nama:Dede muzakki
BalasHapusKelas:X KI 2
Absen:7
Nama: muhammad Apriadi Eka putra
BalasHapusKelas:x APL2
Absen:17
Nama: Tsabitul Azmi
BalasHapusKelas: x apl 2
Absen:34
HapusNama: Ratu Khansa Adilla
BalasHapusKelas: X APL 2
Nama: Manambai Dading Kalbuadi
BalasHapusKelas:X APL2
Absen:15
Nama : Rizqi Adha
BalasHapusKelas : X APL 2
Absen : 28
Nama: Nabila indrianingsih
BalasHapusKelas: X APL 2
Nama : Hamira
BalasHapusKelas : X APL 2
Absen : 8
Absen: 20
BalasHapusNama: Asih Eqsania Pertiwi
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 3
Nama: Davina Qanitah
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 4
Nama : Rangga Tri Prayoga
BalasHapusKelas : X APL 2
Absen : 25
Nama:Ana Putri rohani
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:2
Nama:Ulya Raudhatul Muna
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:35
Nama:Devika Silfany
BalasHapusKelas: X APL 2
Absen: 06
Nama:Ninda ayu sujiana
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:21
Nama:Sony Armi Dinata
BalasHapusKelas:X APL 2
ABSEN:31
NAMA : INOSENSIUS MERE MANGU
BalasHapusKLS : X APL 2
ABSEN: 13
Nama: Indri Tri Rismadanti
BalasHapusKelas:X APL 2
Absen:12