Selasa, 24 Agustus 2021

PEMAHAMAN DIRI

            Pemahaman Diri adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. “Who am I ?” artinya siapa saya?. Pertanyaan itu sangatlah sederhana, tetapi mungkin memerlukan jawaban yang mendalam, karena banyak aspek yang harus diungkap. Aspek-aspek tersebut baik yang menyangkut kelebihan maupun kekurangannya, yang meliputi aspek : fisik, psikis, minat, bakat, cita-cita, kebutuhan-kebutuhan pokok serta gaya hidup yang diinginkan.



            Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling sempurna juga sebagai makhluk yang unik. Dikatakan sebagai makhluk paling sempurna karena manusia diberikan akal dan pikiran yang dinamis untuk selalu berkembang, berinovasi sekuat tenaga. Sedangkan makhluk hidup lainnya seperti hewan, tumbuhan secara kodrati seperti rutinitas dalam hidupnya yaitu makan,minum,beranak..siklus mereka hanya begitu saja.

    1. Pengertian Pemahaman Diri



            Pemahaman diri banyak diperbincangkan oleh banyak orang dan setiap orang mengartikan pemahaman diri menurut cara pandang mereka masing-masing.
Maslow menyebutnya personal meaning yang dimuat Kira pada yahoo answer menggambarkan bahwa meaning dialami dari aktualisasi diri, individu yang termotivasi untuk mengetahui alasan atau maksud dari keberadaan dirinya. Ia juga mengatakan bahwa setiap individu memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhannya dari yang sederhana sampai kebutuhan yang kompleks. Aktualisasi diri adalah pencapaian suatu potensi terbesar dalam diri, menjadi yang terbaik yang dapat dilakukannya, dan mencapai tujuan hidup dirinya.
Selalin itu Baumeister mengatakan bahwa meaning mengandung beberapa bagian kepercayaan yang saling berhubungan antara benda, kejadian dan hubungan. Baumeister menekankan bahwa meaning pada akhirnya memberikan arahan, intensi pada setiap individu, di mana perilaku menjadi memiliki tujuan , daripada hanya berperilaku berdasarkan insting atau impuls.

            Menurut Hartono pemahaman diri siswa SMA adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi dirinya yang mencakup ranah minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap yang mana pengenalan siswa atas pribadinya sendiri mencakup dua sisi yaitu pengenalan siswa atas keunggulannya dan pengenalan siswa atas kekurangannya sendiri. Kekuatan merupakan seperangkat kemampuan yang dimiliki siswa baik yang bersifat potensial maupun aktual. Kekuatan siswa menggambarkan keunggulan, kehebatan pribadi siswa, sedang kekurangan siswa adalah sejumlah keterbatasan yang dimiliki siswa. Kekurangan siswa menggambarkan ketidak mampuan siswa yang menjadi hambatan siswa dalam meraih cita-cita.

            Dari uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa pemahaman diri adalah suatu situasi yang dialami individu dimana seseorang mengenal tentang potensinya baik potensi fisik maupun potensi psikisya sehingga individu memahami arah dan tujuan hidupnya atau cita-cita. Potensi fisik yaitu sejumlah kemampuan yang ada pada anggota badan dan panca indra individu sedangkan potensi psikis individu mencakup minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap. Pemahaman yang dimaksudkan disini tidak hanya terbatas pada pengenalan siswa atas keunggulannya saja tetapi juga mencakup pengelan siswa atas kekurangan yang ada dalam diri.

2. Tujuan Pemahaman Diri


        Pemahaman diri merupakan aspek penting bagi siswa SMA. Siswa yang memahamai diri lebih memiliki peluang yang besar dalam meraih cita-cita dari pada siswa yang belum mengenal dengan baik akan diri mereka sendiri, karena mereka yang memahami diri telah memahi kemampun, minat, kepribadian, dan nilai termasuk kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri mereka sehingga mereka memiliki arah dan tujuan hidup yang realistis dimana mereka memilliki cita-cita yang sesuai dengan potensi diri.

Dari uraian di atas kami menyimpulkan bahwa tujuan pemahaman diri bagi siswa adalah:
  1. Mampu mengeksplorasi potensi diri mereka yang mencakup: minat, abilitas, dan cita-cita sehingga individu dapat merencanakan karier yang sesuai dengan potensi diri.
  2. Siswa bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam memasuki dunia kerja. Dengan persiapan yang matang individu dapat mencapai kesuksesan dalam berkarier.
  3. Siswa mencapai kematangan dalam perkembangan karier
  4. Siswa mampu mengambil keputusan karier secara mandiri
    3. Ciri-ciri Siswa yang Memahami Dirinya



            Siswa SMA merupakan usia dimana seseorang mencapai kematangan kariernya. Kematangan karier bagi siswa terbukti bila mereka mampu mengambil keputusan karier secara mandiri, dimana kemandirian itu tidak pernah terlepas dari pengaruh pemahaman diri siswa.
Menurut Bastaman menjelaskan dalam diri seseorang yang memahami diri terjadi meningkatnya kesadaran atas buruknya kondisi diri pada saat ini dan keinginan kuat untuk melakukan perubahan kearah kondisi yang lebih baik.

    Siswa yang memahami diri memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

        a. Percaya diri

            Dalam kamus istilah Bimbingan dan konseling yang ditulis Thantaway percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

            Menurut Hakim rasa percaya diri yaitu suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan optimis di dalam melakukan semua aktivitasnya, dan mempunyai tujuan yang realistik, artinya individu tersebut akan membuat tujuan hidup yang mampu untuk dilakukan, sehingga apa yang direncanakan akan dilakukan dengan keyakinan akan berhasil atau akan mencapai tujuan yang telah ditetapkannya.

            Hakim juga mengemukakan ciri individu yang percaya diri sebagai berikut:
  1. Selalu bersikap tenang di dalam mengerjakan segala sesuatu;
  2. Mempunyai potensi dan kemampuan yang memadai;
  3. Mampu menetralisasi ketegangan yang muncul di dalam berbagai situasi.
  4. Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi;
  5. Memiliki kondisi mental dan fisik yang cukup menunjang penampilannya;
  6. Memiliki kecerdasan yang cukup;
  7. Memiliki tingkat pendidikan formal yang cukup;
  8. Memiliki keahlian atau keterampilan lain yang menunjang kehidupannya, misalnya ketrampilan berbahasa asing;
  9. Memiliki kemampuan bersosialisasi;
  10. Memiliki latar belakang pendidikan keluarga yang baik;
  11. Memiliki pengalaman hidup yang menempa mentalnya menjadi kuat dan tahan di dalam menghadapi berbagai cobaan hidup;
  12. Selalu bereaksi positif di dalam menghadapi berbagai masalah, misalnya dengan tetap tegar, sabar, dan tabah dalam menghadapi persoalan hidup.
        b. Befikir positif, dengan cirri sebagai berikut:
  1. melihat masalah sebagai tantangan
  2. menikmati hidupnya
  3. pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
  4. mengenyahkan pikiran negatif segeraa setelah melintas di pikiran
  5. mensyukuri apa yang dimilikinya, bukan berkeluh kesah.
  6. tidak mendengarkan gosip dan isu yang tidak tentu
  7. Tidak banyak “excuse”, langsung action.
  8. Menggunakan bahasa positif, optimis.
  9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
  10. peduli pada citra diri sendiri
  11. Memiliki kebiasaan yang efektif, dengan cirri sebagai berikut:
  12. Menjadi proaktif
  13. Merujuk pada tujuan akhir
  14. Mendahulukan yang utama
  15. Berpikir dan bertindak menang-menang
  16. Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti
  17. Mewujudkan sinergi
  18. Melakukan evaluasi

        4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa

            Pemahaman diri (minat, abilitas, kepribadian, nilai-nilai dan sikap, kelebihan dan kekurangan) di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang turut mempengaruhi pemahaman diri ditentukan oleh diri terbuka dan tertutup. Kepribadian yang terbuka berkonstribusi positif terhadap pemahaman diri, sedangkan kepribadian yang tertutup adalah faktor penghambat dalam pemahaman diri. Faktor eksternal (lingkungan) yang mempengaruhi pemahaman diri antara lain, lingkungan keluarga, teman sebaya, dan sekolah.



            Menurut Hurlock masa remaja dikatakan sebagai masa transisi karena belum mempunyai pegangan, sementara kepribadianya masih menglami suatu perkembangan, remaja masih belum mampu untuk menguasai fungsi-fungsi fisiknya. Remaja masih labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Remaja sebagai bagian dari generasi penerus yang menjadi tonggak sebagai individu yang bermakna pada hari kemudian diharapkan juga memiliki pemahaman tentang diri yang benar, hal tersebut sangat diperlukan bagi setiap orang dalam menjalani kehidupannya, sehingga di peroleh suatu gambaran yang jelas tentang dirinya dan supaya sremaja bias menjalankan apa yang sudah didapatkannya.

        5. Aspek-aspek pemahaman diri
            Banyak aspek yang harus dipahami oleh seseorang, diantaranya :

            a. Aspek Fisik

            Seluruh anggota badan individu termasuk bagian-bagiannya. Artinya individu harus mengenali dan memahami kondisi jasmaniahnya dengan segala potensinya. Apakah kondisi jasmani semua sehat ? Apakah kondisi jasmaniahnya normal dan sebagainya. Hal ini penting agar individu mampu mengambil keputusan dengan tepat dan mampu menyikapi hidup ini dengan benar.

            b. Aspek Psikis,

            Adalah yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan individu.Bagaimana kecerdasannya, bagaimana emosinya.Sehingga individu mampu menyikapi pilihan-pilihan karir dan masa depan juga mampu menempatkan dirinya dalam berhubungan dengan orang lain.

            c. Aspek Minat.

            Minat adalah rasa tertarik yang kuat terhadap obyek tertentu. Hal ini penting untuk dipahami individu,karena dengan adanya minat yang kuat terhadap obyek pilihan maka prestasi, keberhasilan yang diharapkan mudah tercapai demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu perlu penanaman minat terhadap diri individu terhadap berbagai obyek positif,sehingga timbul rasa menyenangi dengan motivasi tinggi.

            d. Aspek Bakat.

            Bakat adalah kemampuan yang dibawa oleh seseorang sejak lahir dan bersifat menurun (genetik). Pentingnya individu memahami bakat ini adalah agar individu mampu mengembangkan dirinya secara optimal. Bakat akan cepat berkembang dengan baik apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana. Oleh karena itu peran semua masyarakat untuk memberi wadah penyaluran bakat-bakat terpendam positif sehingga memunculkan putra-putri berbakan di tanah air kita.

            e. Aspek Cita-cita.

            Cita-cita adalah gambaran diri yang ada pada diri seseorang. Ada yang menyebut “Potret Diri” seseorang. Artinya apabila individu mengatakan dengan lisan, misalnya : “Cita-cita saya ingin menjadi TNI/POLRI”. Individu harus memahami apakah dirinya sudah memiliki potret diri menjadi seorang TNI/POLRI..Sudah tergambarkah secara keseluruhan dalam diri individu kriteria , syarat-syarat dan sebagainya yang mutlak harus dipenuhi untuk bisa menjadi anggota TNI/POLRI. Hal ini penting untuk dipahami dengan cermat gambaran dirinya,sehingga ia benar-benar mampu dan dapat memilih karir sesuai dengan cita-citanya.

            f. Aspek Kebutuhan-kebutuhan Pokok

            Hal ini penting juga untuk dipahami oleh individu,kebutuhan-kebutuhan pokok seperti apa yang diinginkan dalam menjalani kehidupan ini. Apakah hidup ini hanya untuk makan atau makan untuk hidup.Apakah individu hanya menginginkan kebutuhan jasmani saja, atau individu disamping perlu kebutuhan-kebutuhan untuk jasmani,juga memerlukan kebutuhan bathin, dan sebagainya. Misalnya : makan,minum,keamanan, kasih sayang, rekreasi,aktualisasi diri,sosialisasi,dan sebagainya. Oleh karena itu individu perlu menentukan kebutuhan-kebutuhan pokok seperti apa yang diinginkan dalam hidup ini.

            g. Aspek Gaya Hidup

            Gaya hidup yang diinginkan oleh masing-masing orang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang ingin bergaya hidup elite, ada yang ingin bergaya hidup biasa-biasa saja atau bergaya hidup sederhana. Oleh karena itu gaya hidup atau “life style”,ini perlu dipahami dengan benar. Individu hendaknya menyesuaikan dengan kemampuannya,sehingga dalam menyikapi hidup ini tidak diperbudak oleh hawa nafsunya.Ketrampilan, kerja keras, pengalaman dan sebagainya akan mempermudah untuk memutuskan gaya hidup seseorang.

Pada aspek pribadi, ada 3 masalah yang sering dihadapi oleh siswa yaitu :

        a. Merasa rendah diri dengan wajah yang kurang cantik/cakep.

            Untuk masalah rendah diri dengan wajah yang kurang cantik ini, lebih menonjol pada masalah kurang kepercayaan diri (kurang PD). Siswa-siswi SMA sering mengalami masalah ini, bahkan kebanyakan orang-orang merasa tidak PD dengan wajah mereka yang dianggap tidak cantik/cakep.
Untuk mengatasi hal ini ada beberapa hal yang perlu kita terapkan pada diri kita sendiri, yaitu :
  1. Tidak menghiraukan siapa yang memandang kita.
  2. Percaya diri sajah dengan apa yang kita miliki.
  3. Lakukan aktifitas dengan baik.
  4. Tunjukkan sesuatu yang menurut anda merupakan kelebihan yang anda punya,
  5. Jika kulit wajah anda gelap ( hitam ) pakailah bedak yang sewajarnya.
  6. Jika kulit badan anda gelap ( hitam ) pakailah pakaian yang warnanya tidak bertolak belakang dengan warna kulit anada, misalnya warna kuning, merah, hijau dan orange. Cobalah memakai pakaian dengan motif warna coklat, krem, atau pink muda.
  7. Usahakan kulit anda tidak kusam dan anda selalu tampil dengan keadaan yang sederhana namun membwa kesan yang anggun.

Sumber : http://menzour.blogspot.com/2016/11/makalah-pemahaman-diri-bimbingan.html

463 komentar:

  1. Nabila Putri Ramadhania
    X Ki 1

    BalasHapus
  2. Zulpa Lipia Aulia Angreani
    X KI 1

    BalasHapus
  3. Ramadhan Surya Laksana
    X KI 1

    BalasHapus
  4. Maulana Tirta Mahardika
    X KI 1

    BalasHapus
  5. Muhammad raihan pratama x ki 1

    BalasHapus
  6. Samaniah Rizkika Vidyanata
    X KI 1

    BalasHapus
  7. Muhammad raihan pratama x ki 1

    BalasHapus
  8. Ardhi anugrah X KI 1

    BalasHapus
  9. X KI 1 Mulia firman sianipar

    BalasHapus
  10. Muhammad Dzaki Fadhli Sugianto
    X KI 1

    BalasHapus
  11. Gustian Tegar Pratama
    Kls:X KI 1

    BalasHapus
  12. Nama : Dewa Putra Sriwijaya
    Kelas : X TP 4

    BalasHapus
  13. Nama : Fauzi dwi putra kurnia
    Kelas : X TP4

    BalasHapus
  14. Nama: Rahmat Hidayat
    Kelas: X TP 4

    BalasHapus
  15. Nama : Arif Wicaksono
    Kelas : XTP 4
    Absen no : 4

    BalasHapus
  16. Nama : Muhammad Riski
    Kelas : X TP4

    BalasHapus
  17. Nama : Muhammad Riski
    Kelas : X TP4

    BalasHapus
  18. Nama: Gusmau Hilawa Mustaqim
    Kelas:X TP 4
    No absen:13

    BalasHapus
  19. Nama: Rizferi Arnanda
    Kelas: X TP 4

    BalasHapus
  20. Nama : Ponti Irsa Al Dzadit
    Kelas : X TP 4
    No Absen : 24

    BalasHapus
  21. Nama:Yuza Maulana
    kelas:X TP 4
    no absen:34

    BalasHapus
  22. NAMA : Dwi pujo Basuki
    Kelas : XTP 4
    No absen: 9

    BalasHapus
  23. Nama:Muhammad Afrizal
    Kelas:X TP 4
    No absen:18

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Nama:Dimas Pramudita
    Kelas:X TP4
    Absen:8

    BalasHapus
  26. NAM: : RIFKI TRI SUSANTO
    KLS: X TP 4
    NO ABSEN : 28

    BalasHapus
  27. Nama :Nova Yugo Prasojo
    Kelas:X TP4
    Absen:23

    BalasHapus
  28. Nama:syarif fahri ramadhani
    Kelas:X Tp 4
    No absen:32

    BalasHapus
  29. Nama: Muhammad Luthfi
    Kelas: X TP 4
    No absen: 20

    BalasHapus
  30. Nama:ismail
    Kelas:x tp4
    No absen:16

    BalasHapus
  31. Nama: Luthfi Fauzi yusendar
    Kelas:X TP4

    BalasHapus
  32. Nama:Muhammad Zhuhri Alfandi
    Kelas:X TP 4

    BalasHapus
  33. nama:muhammad Faisal anas
    Kls:xtp4
    Absen:19

    BalasHapus
  34. Nama: ILHAM
    KELAS: X TP 4
    ABSEN: 15

    BalasHapus
  35. Nama : Rendi Kurniawan
    Kelas X TP 4
    Absen : 27

    BalasHapus
  36. Nama : Hamar Syahardi
    Kelas : X TP 4
    Absen : 14

    BalasHapus
  37. Nama :sony faiturahim
    Kelas :X Tp 4
    Absen :31

    BalasHapus
  38. Nama:Ade Kurniawan
    Kelas:xTp4
    Absen:1

    BalasHapus
  39. Nama:Feri Dwiyansyah
    Kelas:X Tp 4
    Absen:12

    BalasHapus
  40. Nama:Feri Dwiyansyah
    Kelas:X Tp 4
    Absen:12

    BalasHapus
  41. Nama:Rama
    Kelas:X TP4
    Absen:26

    BalasHapus
  42. Nama : Danar Satya Yudha
    Kelas : X TP 4
    Absen :

    BalasHapus
  43. Nama:Nabila indrianingsih
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  44. Nama : Rangga Tri Prayoga
    Kelas : X APL 2
    Absen : 25

    BalasHapus
  45. Nama: Ninda Ayu Sujiana
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  46. Nama: Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas:X APL2
    Absen:15

    BalasHapus
  47. Nama:Ulya Raudhatul Muna
    Kelas:X APL 2
    Absen:35

    BalasHapus
  48. Nama : Silvi Yulia Saharani
    Kelas: X APL 2
    Absen: 30

    BalasHapus
  49. Nama:Tania Yusria
    Kelas: X APL 2
    Absen: 33

    BalasHapus
  50. Nama: Devika silfany
    Kelas: x APL 2
    Absen: 06

    BalasHapus
  51. Nama:Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2
    Absen:12

    BalasHapus
  52. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas:x APL 2

    BalasHapus
  53. Nama: Susan aulia
    Kelas: X APL 2
    Absen: 32

    BalasHapus
  54. Nama : Inosensius Mere Mangu
    Kls : X APL 2
    Absen : 12

    BalasHapus
  55. Nama: Davina Qanitah
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  56. Nama: Noraishah Azura
    Kelas:X APL2
    Absen:22

    BalasHapus
  57. Nama :Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas:X APL 2
    Absen:19

    BalasHapus
  58. Nama : Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2
    Absen: 3

    BalasHapus
  59. Nama: Nuzhatul Husna
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  60. Nama : Hesti Marisa Ananda
    Kelas : X Apl 2
    Absen : 10

    BalasHapus
  61. Nama : Hamira
    Kelas : X Apl 2
    Absen : 8

    BalasHapus
  62. Nama: Aini sucia
    Kelas:X APL 2
    Absen:1

    BalasHapus
  63. Nama : Riestha siahaan
    Kelas : X APL 2
    Absen : 27

    BalasHapus
  64. Nama : Muhammad Dzikri Abdillah
    Kelas: X APL 2
    Absen: 18

    BalasHapus
  65. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2
    Absen: 26

    BalasHapus
  66. Nama: Syarif Muhammad haykal
    Absen:32
    Kelas:XTP1

    BalasHapus
  67. Nama : antholin chua hokkin
    Absen : 03
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  68. Nama: Novi Andi Ramadhan
    Absen : 25
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  69. Nama:Dian Saputra
    Kelas:XTP1
    Absen:8

    BalasHapus
  70. Nama:Muhammad Rafli Andri Fatiha
    Kelas:X TP1
    Absen:21

    BalasHapus
  71. Nama: Aariz Hafid
    Kelas: X TP 1
    Absen: 1

    BalasHapus
  72. Nama: Jayadi setiono
    Kelas: XTP1
    Abzen: 17

    BalasHapus
  73. Nama cakra tirta dirgantara
    Kelas X T1
    ABSEN 06

    BalasHapus
  74. Nama:Gusti Raihan
    Kelas:X TP 1
    Absen:14

    BalasHapus
  75. Nama cakra tirta dirgantara
    Kelas X T1
    ABSEN 06

    BalasHapus
  76. Nama:Indra Ashari Julianto
    Kelas:X TP 1
    Absen:16

    BalasHapus
  77. Nama : Luthfi Kurniawan
    Kelas: X TP1
    Absen:18

    BalasHapus
  78. Nama: fajar akbar
    Kelas: X TP 1
    Absen: 11

    BalasHapus
  79. Nama : Eka Setiyo Pamuji
    Kelas : X TP 1
    ABSEN : 10

    BalasHapus
  80. Nama : Muhammad Febrian Riadi Rahman
    Kelas : X TP 1
    Absen: 20

    BalasHapus
  81. Nama: Rizki Rahmadan
    Kelas: X TP 1
    absen: 29

    BalasHapus
  82. Nama:Rama Satria
    Kelas:X TP1
    Absen:27

    BalasHapus
  83. Nama:Rifky Novyan Saktya
    Kelas:X TP1
    Absen:28

    BalasHapus
  84. nama : muhammad alief chandra
    kelas : xtp1
    absen : 19

    BalasHapus
  85. Nama:Nabil Nurachmadi
    Kelas:X TP1
    Absen:24

    BalasHapus
  86. nama=feri yanto
    kelas= X TP 1
    ABSEN=13

    BalasHapus
  87. Nama :Robby Apta Abeltian
    Kelas : X TP1
    Absen :31

    BalasHapus
  88. Nama: David Abedsen
    Absen: 7
    Kelas: X TP 1

    BalasHapus
  89. Nama : Apriliandi Dzahirul Ba'asith
    Absen : 04
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  90. Nama: Vichas Bhadai Khan
    Absen:33
    Kelas X TP1

    BalasHapus
  91. Dio daniel immanuel
    Kelas X TP 1

    BalasHapus
  92. Nama:Aldiko Tofero
    Absen:02
    Kelas: X TP1

    BalasHapus
  93. Nama:Ana putri rohani
    Kelas:X APL 2
    Absen:02

    BalasHapus
  94. Nama:Ana putri rohani
    Kelas:X APL 2
    Absen:02

    BalasHapus
  95. Nama:Putra Affrizal
    No Absen:26
    Kelas:X TP1

    BalasHapus
  96. Nama : Hardian Nurrasyid
    Kelas : X TP1
    No Absen : 15

    BalasHapus
  97. Nama : ARIL SYAHBANDI
    Kelas : X TP1
    No absen : 5

    BalasHapus
  98. Nama : Steven
    Kelas : X TP1
    NO ABSEN : 31

    BalasHapus
  99. Nama : Zenda Peter Al-adhim
    Kelas : X TP 1
    No Absen : 34

    BalasHapus
  100. Nama : Syarif Mahez
    Kelas : X KI 3
    No Absen : 34

    BalasHapus
  101. Nama:Hesti Aulia
    Kelas:X KI 3
    No Absen:11

    BalasHapus
  102. Nama: NAUFAL SHEVA IFTIKHOKOR
    Kelas: X KI 3
    NO ABSEN:23

    BalasHapus
  103. Nama:Reza pratama
    Kelas:X KI 3
    NO Absen:25

    BalasHapus
  104. Nama:Sri Nanda Monasika
    Kelas:x KI 3
    Absen:32

    BalasHapus
  105. Nama : Eren
    Kelas : X KI 3
    Absen : 8

    BalasHapus
  106. Nama:Muhamad Abdur rahim
    Absen:21
    Kelas:X KI2

    BalasHapus
  107. Nama : Irfan Maulana
    Kelas : X KI 3
    absen : 12

    BalasHapus
  108. Nama : Dimas Dhiyaul Haq
    Kelas : X KI 3
    Absen : 7

    BalasHapus
  109. Nama:valentine G Rosa Br Aritonang
    Kelas: X KI 3
    Absen:35

    BalasHapus
  110. Nama:Muhammad Choirun Nizam. Kelas:X KI 3. NoAbsen:18

    BalasHapus
  111. Nama: Marella aprydanti
    Kelas: X KI3
    Absen: 17

    BalasHapus
  112. Nama:Ririn Nurhayati

    Kelas:X KI 3

    Absen:26

    BalasHapus
  113. Nama : Roni
    Kelas : X KI 3
    Absen :29

    BalasHapus
  114. Nama:steven hidayat
    Kelas: X KI 3
    Absen:33

    BalasHapus
  115. Nama :robi juanda
    Kelas: X KI 3
    Absen: 28

    BalasHapus
  116. Nama :Muhammad Ridho Adzandri
    Kelas :X KI 3
    No Absen:21

    BalasHapus
  117. Nama : Lidya Ratu Ludwyana
    Kelas : X KI 3
    Absen : 16

    BalasHapus
  118. Nama: Frederikus Rangga
    Kelas: X KI 3
    Absen: 10

    BalasHapus
  119. Nama:Khalid Raihan
    Kelas:X KI 3
    No absen:15

    BalasHapus
  120. Nama:Deka Akbar Reva
    Kelas:X KI 3
    No Absen:5

    BalasHapus
  121. Nama: Budy Permana
    Kelas: X KI 3
    No absen: 4

    BalasHapus
  122. Nama: Jonathan Gerald Nababan
    Kelas: X KI 3
    No Absen: 14

    BalasHapus
  123. Nama : Alfie Alfaregie Herfyanto
    Kelas : X KI 3
    Absen : 1

    BalasHapus
  124. Nama:Muhammad Fikri Akbar
    Kelas:X KI 3
    Absen:19

    BalasHapus
  125. Nama: Selsi Ramadanila
    Kelas: X KI 2
    Absen: 32

    BalasHapus
  126. Nama:M.fachry akhyar
    Absen:22
    Kelas:XKI2

    BalasHapus
  127. Nama : Mayla Bilbina Atha Huda
    Kelas : X KI 2
    Absen : 20

    BalasHapus
  128. Nama:Nurul Izzati
    Kelas:X KI 2
    Absen:25

    BalasHapus
  129. Nama: Jumiati
    Kelas: X KI 2
    Absen:17

    BalasHapus
  130. nama:rizki ramadhan
    kelas: X KI2
    absen:29

    BalasHapus
  131. Nama:Hamzatu Rusyda
    Kelas:X KI 2
    Absen:11

    BalasHapus
  132. Nama : Evan Tirta
    Kelas: X KI 2
    Absen: 8

    BalasHapus
  133. nama:Angku Damar Wendra
    kelas:X KI 2
    absen:2

    BalasHapus
  134. Nama: Ilman
    Kelas: X KI 2
    Absen: 13

    BalasHapus
  135. Nama: Putri Brilliant Rambu Rabani
    Kelas:X KI 2
    Absen:26

    BalasHapus
  136. Nama:Icha safitri
    Kelas:X KI2
    Absen:12

    BalasHapus
  137. Nama:lyra Virna
    Kelas:X Ki 2
    Absen:19

    BalasHapus
  138. Nama : Shazada Nafi Shafigo
    Kelas: X KI 2
    Absen: 33

    BalasHapus
  139. Nama:Siska Febrianti
    Kelas:X KI2
    Absen:34

    BalasHapus
  140. Nama:Muhamad Abdur rahim
    Kelas:X KI 2
    Absen:21

    BalasHapus
  141. Nama:giska putri andini
    Kelas:X KI2

    BalasHapus
  142. Nama:Lutfi zaini
    Kelas:X KI 2
    Absen:18

    Balas

    BalasHapus
  143. Nama : Joan Arcadia
    Kelas:X KI 2

    BalasHapus
  144. Nama:Rafi Pradipa Putra
    Kelas:X KI2
    Absen:27

    BalasHapus
  145. Nama:Rullan Anggraini
    Kelas:X KI 2
    ABSEN:31

    BalasHapus
  146. Nama: Cariel Marcelino
    Kelas: X KI 2
    Absen: 6

    BalasHapus
  147. Nama: Juliansyah
    Kelas: X KI 2
    Absen: 16

    BalasHapus
  148. Nama:iyus rustini
    Kelas:X KI2
    Absen:14

    BalasHapus
  149. Nama:Bambang Irawan
    Kelas:X Ki 2
    Absen:5

    BalasHapus
  150. Nama:syahbaniah
    Kelas:X KI 2
    Absen:34

    BalasHapus
  151. Nama :Rengga adji Pranaya
    Kelas:X KI 2
    Absen:28

    BalasHapus
  152. Nama:Dede muzakki
    Kelas:X KI 2
    Absen:7

    BalasHapus
  153. Nama: muhammad Apriadi Eka putra
    Kelas:x APL2
    Absen:17

    BalasHapus
  154. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas: x apl 2

    BalasHapus
  155. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  156. Nama: Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas:X APL2
    Absen:15

    BalasHapus
  157. Nama : Rizqi Adha
    Kelas : X APL 2
    Absen : 28

    BalasHapus
  158. Nama: Nabila indrianingsih
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  159. Nama : Hamira
    Kelas : X APL 2
    Absen : 8

    BalasHapus
  160. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2
    Absen: 3

    BalasHapus
  161. Nama: Davina Qanitah
    Kelas: X APL 2
    Absen: 4

    BalasHapus
  162. Nama : Rangga Tri Prayoga
    Kelas : X APL 2
    Absen : 25

    BalasHapus
  163. Nama:Ana Putri rohani
    Kelas:X APL 2
    Absen:2

    BalasHapus
  164. Nama:Ulya Raudhatul Muna
    Kelas:X APL 2
    Absen:35

    BalasHapus
  165. Nama:Devika Silfany
    Kelas: X APL 2
    Absen: 06

    BalasHapus
  166. Nama:Ninda ayu sujiana
    Kelas:X APL 2
    Absen:21

    BalasHapus
  167. Nama:Sony Armi Dinata
    Kelas:X APL 2
    ABSEN:31

    BalasHapus
  168. NAMA : INOSENSIUS MERE MANGU
    KLS : X APL 2
    ABSEN: 13

    BalasHapus
  169. Nama: Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2
    Absen:12

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.