Rabu, 17 Februari 2021

Kenakalan Remaja dan Cara Menghindarinya

A. Pengertian Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja dalam studi masalah sosial dapat dikategorikan ke dalam perilaku menyimpang. Dalam perspektif perilaku menyimpang masalah sosial terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang dapat dianggap sebagai sumber masalah karena dapat membahayakan tegaknya sistem sosial. Penggunaan konsep perilaku menyimpang secara tersirat mengandung makna bahwa ada jalur baku yang harus ditempuh. Perilaku yang tidak melalui jalur tersebut berarti telah menyimpang.


Untuk mengetahui latar belakang perilaku menyimpang perlu membedakan adanya perilaku menyimpang yang tidak disengaja dan yang disengaja, diantaranya karena si pelaku kurang memahami aturan-aturan yang ada. Sedangkan perilaku yang menyimpang yang disengaja, bukan karena si pelaku tidak mengetahui aturan. Hal yang relevan untuk memahami bentuk perilaku tersebut, adalah mengapa seseorang melakukan penyimpangan, sedangkan ia tahu apa yang dilakukan melanggar aturan. Becker (dalam Soerjono Soekanto,1988,26), mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk mengasumsikan hanya mereka yang menyimpang mempunyai dorongan untuk berbuat demikian.

Hal ini disebabkan karena pada dasarnya setiap manusia pasti mengalami dorongan untuk melanggar pada situasi tertentu, tetapi mengapa pada kebanyakan orang tidak menjadi kenyataan yang berwujud penyimpangan, sebab orang dianggap normal biasanya dapat menahan diri dari penyimpangan. Masalah sosial perilaku menyimpang dalam “Kenakalan Remaja” bisa melalui pendekatan individual dan pendekatan sistem. Dalam pendekatan individual melalui pAndangan sosialisasi. Berdasarkan pandangan sosialisasi, perilaku akan diidentifikasi sebagai masalah sosial apabila ia tidak berhasil dalam melewati belajar sosial (sosialisasi).

Kenakalan remaja ialah suatu perbuatan atau tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang remaja baik secara sendirian maupun secara kelompok yang sifatnya melanggar ketentuan- ketentuan hukum, moral, dan sosial yang berlaku di lingkungan masyarakatnya (Singgih, 1978). 

Intinya kenakalan remaja yaitu suatu perilaku menyimpang dari atau melanggar hukum (Sarwono, 2002:207), dan perilaku melanggar hukum yang dilakukan oleh orang muda yang biasanya dibawah umur 16-18 tahun ( Musen,dkk, 1994:557).

Ada 3 hal yang berperan penting dalam hal ini, yaitu: Keluarga, Pergaulan, Remaja itu sendiri
  • Keluarga
Ketika orang tua otoriter, maka yang kita sebut sebagai kenakalan remaja akan muncul dalam artian ingin memberontak. Sementara kalau orang tua permisif, remaja malah akan mencari-cari perhatian dengan segala tingkah lakunya yang kemungkinan besar menjurus ke kenakalan remaja. Bahkan orang tua yang demokratis sekalipun.
  • Pergaulan
Tekanan teman bahkan sahabat, apakah itu yang namanya rasa solidaritas, ingin diterima, dan sebagai pelarian, benar-benar ampuh untuk mencuatkan kenakalan remaja yaitu perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja. Kalau di dalam keluarga, remaja memberontak atau mencari perhatian yang menjurus ke tindakan kenakalan remaja demi orang tua.
  • Remaja Itu Sendiri
Pada hakikatnya apa yang dilakuin oleh seorang remaja ketika mencoba menarik perhatian dari orang tua terlebih lagi teman, adalah untuk memuaskan diri remaja itu sendiri. Bukankah apa pun yang terjadi kalau memang remaja tersebut punya ‘hati yang besar’ menyadari bahwa dia tidak akan bisa mendapatkan ‘perhatian itu’, pasti dia bisa untuk tidak terperosok ke dalam jurang kenakalan remaja.

B. Jenis-jenis dan Sebab Kenakalan Remaja

Berikut ini beberpa jenis dan sebab kenakalan remaja, diantaranya :

1. Jenis-jenis kenakalan remaja
  1. Berkelahi/tawuran
  2. Membolos-game
  3. Merokok-drugs
  4. Pacaran di luar batas
  5. Gank dengan kegiatan negatif
  6. Melakukan tindakan bullyying
  7. Perbuatan pelanggaran etika dan sopan santun
  8. Pengompasa, pencurian, perampokan dan tindak kriminal
2. Sebab Kenakalan Remaja

Perilaku kenakalan remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).
  • Faktor internal:
Krisis identitas : Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.

Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. Contohnya :

- Penanaman kaidah-kaidah agama yang kurang kuat
- Kurang kuatnya pendirian remaja (labil)
  • Faktor eksternal:
Keluarga dan Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja.
  • Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
  • Teman sebaya yang kurang baik, Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.
  • Pengaruh dampak negatif perkembangan Media Sosial
  • Terbentur oleh keadaan yang memaksa (kondisi ekonomi)
C. Akibat yang ditimbulkan oleh kenakalan remaja

Berikut dampak atau akibat yang timbulkan oleh kenakalan remaja, antara lain :

1. Bagi diri remaja itu sendiri

Akibat dari kenakalan yang dilakukan oleh remaja akan berdampak bagi dirinya sendiri dan sangat merugikan baik fisik dan mental, walaupun perbuatan itu dapat memberikan suatu kenikmatan akan tetapi itu semua hanya kenikmatan sesaat saja. Dampak bagi fisik yaitu seringnya terserang berbagai penyakit karena gaya hidup yang tidak teratur. Sedangkan dampak bagi mental yaitu kenakalan remaja tersebut akan mengantarnya kepada mental-mental yang lembek, berfikir tidak stabil dan kepribadiannya akan terus menyimpang dari segi moral yang pada akhirnya akan menyalahi aturan etika dan estetika. Dan hal itu kan terus berlangsung selama remaja tersebut tidak memiliki orang yang membimbing dan mengarahkan.

2. Bagi keluarga

Anak merupakan penerus keluarga yang nantinya dapat menjadi tulang punggung keluarga apabila orang tuanya tidak mampu lagi bekerja. Apabila remaja selaku anak dalam keluarga berkelakuan menyimpang dari ajaran agama, akan berakibat terjadinya ketidak harmonisan di dalam kekuarga dan putusnya komunikasi antara orang tua dan anak. Tentunya hal ini sangat tidak baik karena dapat mengakibatkan remaja sering keluar malam dan jarang pulang serta menghabiskan waktunya bersama teman-temannya untuk bersenang-senang dengan jalan minum-minuman keras atau mengkonsumsi narkoba. Pada akhirnya keluarga akan merasa malu dan kecewa atas apa yang telah dilakukan oleh remaja. Padahal kesemuanya itu dilakukan remaja hanya untuk melampiaskan rasa kekecewaannya terhadap apa yang terjadi dalam keluarganya.

3. Bagi lingkungan masyarakat

Apabila remaja berbuat kesalahan dalam kehidupan masyarakat, dampaknya akan buruk bagi dirinya dan keluarga. Masyarakat akan menganggap bahwa remaja itu adalah tipe orang yang sering membuat keonaran, mabuk-mabukan ataupun mengganggu ketentraman masyarakat. Mereka dianggap anggota masyarakat yang memiliki moral rusak, dan pandangan masyarakat tentang sikap remaja tersebut akan jelek. Untuk merubah semuanya menjadi normal kembali membutuhkan waktu yang lama dan hati yang penuh keikhlasan.

D. Cara-cara mengatasi kenakalan Remaja
  1. Perlunya kasih sayang , perhatian dan pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang.
  2. Pemblokiran terhadap media komunikasi internet yg berpengaruh buruk terhadap remaja
  3. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin pendidikan agama dan figur yang bisa dijadikan contoh.
  4. Kemauan orangtua untuk membatasi anaknya keluar rumah dengan membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, nyaman bagi remaja.
  5. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik untuk menyalurkan bakat dan minatnya
  6. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan.
Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/kenakalan-remaja/

34 komentar:

  1. Nama:Dendra Maulana
    Kelas:X TP1

    BalasHapus
  2. Alfito Dian Pratamadi
    XTP 1
    NO Absen 5

    BalasHapus
  3. Nama:Gregorius hugo oktariandi
    Kelas :X TP 1

    BalasHapus
  4. Nama : Adi Setiawan
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  5. Nama: Billy Dres
    Kelas: X TP 1
    Absen: 10

    BalasHapus
  6. Nama:satria
    Kelas:x tp 2
    Absen:35

    BalasHapus
  7. Nama:Dwi aprilian
    Kelas:X TP2
    Absen:07

    BalasHapus
  8. Nama. : Puji Khairil Aqshal
    Kelas. : X TP1
    Absen : 28

    BalasHapus
  9. Nama:Rizky Pratama
    Kls :XTP2
    Absen:33

    BalasHapus
  10. Nama :Rohit
    Kelas:xtp 1
    Absen 31

    BalasHapus
  11. Nama: Yogi Anggara syafanurdin
    Kelas:X TP1
    Absen:35

    BalasHapus
  12. Muhammad arya sunarya
    X TP 2
    No absen 17

    BalasHapus
  13. Nama:Ragil Irawan
    No absen:30
    Kelas:XTP2

    BalasHapus
  14. Nama : Irfandi
    Kelas : X TP 2
    No. Absen 15

    BalasHapus
  15. Nama: Hezkia Fumarheo Bernard
    Kelas: x tp 1
    No absen: 21

    BalasHapus
  16. Nama: Azriel Ade Kurniawan
    Kelas : Xtp2
    No absen : 6

    BalasHapus
  17. Nama:Indra Muhammad Saputra
    Kelas:XTP2
    No absen:14

    BalasHapus
  18. nama: Muhammad Dzaki ardani
    kelas: XTP 2
    absen:18

    BalasHapus
  19. Nama:Tri Adiguna Behme
    Kelas: X TP 1
    Absen: 33

    BalasHapus
  20. Nama Fahrit Maulana Akbar
    Kelas X TP1
    Absen 18

    BalasHapus
  21. Nama:Fikri Akbar Khamaluddin
    Kelas:X TP 2
    absen:09

    BalasHapus
  22. Nama :Haikal Qinalanetar
    Kelas :X TP 2
    Absen:10

    BalasHapus
  23. Nama: Muhammad Fhatir
    Kelas: X TP 2
    Absen: 20

    BalasHapus
  24. nama Olgy maulana
    kelas :Xtp2
    Absen:29

    BalasHapus
  25. Nama: Muhammad Fadhil Fiqriansyah
    Kelas: X TP 2
    Absen:19

    BalasHapus
  26. Nama muliadi jamaludin
    Kls 10TP2
    No absen 25

    BalasHapus
  27. Dikwanur Saputra20 Mei 2022 pukul 14.59

    Dikwanur Saputra
    X TP 1
    Absen 14

    BalasHapus
  28. Nama : Hektor Andika Arnold Deuce Siregar
    Kelas : X TP 2
    No absen : 12

    BalasHapus
  29. Nama : Agus Suwandi
    Kelas : XTP1
    No absen : 3

    BalasHapus
  30. NAMA : YUSUF
    KELAS : XTP1
    NO ABSEN : 36

    BalasHapus
  31. NAMA: Arif Budiharto
    KELAS: X TP 1
    No absen: 8

    BalasHapus
  32. Nama:Ari Prastiyo
    Kelas X TP 2
    No absen:05

    BalasHapus
  33. Nama : Azka Shakty Putra Ismawan
    kelas : XTP1
    No Absen : 9

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.