Senin, 27 April 2020

Ramadhan di Tengah Corona, Lakukanlah hal-hal Positif berikut..


Tahun ini, hari pertama puasa akan dimulai pada 24 April 2020. Biasanya bulan Ramadhan menjadi ajang untuk bersilaturahmi dengan cara buka puasa bersama dengan keluarga dan teman di restoran atau kafe. Dan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk beribadah di masjid. Mulai dari menjalani salat wajib berjamaah, tarawih hingga itikaf.

Namun, tahun ini berbeda dengan Ramadhan sebelumnya. Corona dan aturan lockdown membuat masyarakat harus tetap #dirumahaja, menjaga jarak dengan orang lain dan tidak salat berjamaah di masjid untuk menghindari keramaian. Lantas, bagaimana sebaiknya umat muslim menyambut Ramadhan di tengah Corona ini?

Dikutip dari Alarabiya, di tengah pandemi Corona ini ada beberapa hal positif yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadhan ini:

1. Menetapkan tujuan untuk beribadah

Sebelum dimulainya Ramadhan, kamu bisa bersedekah atau memperbanyak membaca Al Qur'an. Jika dulu saat bekerja di kantor atau melakukan aktivitas lainnya di luar rumah kamu seperti merasa diburu waktu, kini kamu memiliki lebih banyak waktu karena berada #dirumahaja. Waktu ini pun kamu bisa manfaatkan untuk membaca dua sampai lima halaman Al Qur'an setiap hari. Tetapkan tujuan kamu sebelum Ramadhan ini bahwa bulan suci yang akan datang di 2020 akan kamu jalani lebih baik dari sebelumnya.

2. Menyempurnakan ibadah kamu dan berdoa

Karena pemerintah di seluruh dunia telah meminta sebagian besar karyawan untuk tidak pergi ke kantor dan WFH, kamu bisa mengerjakan saat lima waktu tanpa merasa diburu waktu dan juga memanjatkan doa selama bulan suci Ramadhan ini dengan lebih khusyuk.

3. Mengadakan buka puasa virtual


Agenda buka puasa juga bisa kamu adakan bersama dengan teman-temanmu dengan menggunakan aplikasi video call. Iftar virtual bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk tetap bersilaturahmi bersama dengan kerabat dan keluarga besar yang kamu cintai.

4. Mencoba resep masakan terbaru

Selama Ramadhan, mencoba resep baru setiap hari juga bisa kamu lakukan. Resep-resep ini bisa untuk kamu coba untuk menu berbuka puasa dan juga berbagi kepada sesama, seperti orang yang tidak mampu.

5. Memesan Makan Via Aplikasi Ojek Online

Jika kamu sedang bingung mau memasak apa? Atau tidak punya waktu untuk memasak, memesan makanan melalui layanan pesan antar lewat aplikasi ojek online bisa menjadi pilihan.

6. Donasi untuk orang yang kurang beruntung

Jika kamu ingin berbagi di bulan Ramadhan ini, pertimbangkan untuk menyumbangkan uang, pakaian layak pakai yang sudah tidak kamu pakai, atau makanan berbuka untuk badan amal setempat. Atau carilah bank dan organisasi yang dapat mengambil barang sumbangan dari rumah ke rumah untuk menghindari kamu pergi ke luar rumah.

7. Batasi waktu yang biasanya kamu habiskan di media sosial

Selama lockdown semuanya harus dikerjakan #dirumahaja dan untuk menghindari rasa bosan, biasanya orang akan memilih untuk membuka jejaring media sosial. Sehingga tidak mengherankan penggunaan media sosial akhir-akhir ini telah melonjak tajam secara global, menurut data yang diberikan oleh Statista.

Pada Ramadhan ini, daripada menghabiskan berjam-jam untuk membuka Twitter, Instagram atau Youtube, lebih baik manfaat waktu untuk menyempurnakan ibadah, merenungkan apa saja yang sudah kita perbuat, introspeksi diri, berdoa mohon ampun kepada Allah SWT dan juga membaca Al-Qur'an.


Sumber : https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-4987989/ramadhan-di-tengah-corona-ini-7-hal-positif-yang-bisa-kamu-lakukan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.