Rabu, 19 Juni 2019

Fakta Tentang Revolusi Industri 4.0

Apa yang ada dibenak kalian tentang revolusi industri 4.0?. Banyak dari kita sudah familiar dengan istilah revolusi industri 4.0. Meskipun sebagian dari kita juga ada yang belum tau apa itu industri 4.0.

Menurut wikipedia, industri 4.0 merupakan otomatisasi sistem produksi dengan memanfaatkan teknologi dan big data. Di dalam pabrik mulai menggunakan teknologi baru seperti IoT (internet of things).



Berikut tiga fakta tentang revolusi industri 4.0 berdasarkan dari data PWC.

1. Pada 2020, perusahaan industri Eropa akan berinvestasi 140 miliar euro setiap tahun dalam solusi internet Industri.

Selama lima tahun ke depan, perusahaan industri yang berada di eropa, rata-rata diprediksi akan mengalokasikan 3,3% dari pendapatan tahunan mereka kebutuhan solusi internet (digital) untuk Industri.

Jika di total dari semua perusahaan biaya yang dikeluarkan setara dengan hampir 50% dari investasi modal baru yang direncanakan. Jumlahnya dalam setahunan pun bisa mencapai lebih dari 140 miliar euro.
Solusi internet ini bermacam-macam mulai dari internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), dan berbagai teknologi internet untuk industri.

2. Dalam Lima tahun kedepan, lebih dari 80% perusahaan akan mendigitalkan seluruh bisnis prosesnya. 25 % dari perusahan yang di survey oleh PWC telah melakukan digitalisasi tahapan tingkat tinggi dalam bisnis prosesnya.

Perusahaan yang di survey juga mengharapkan bahwa penerapan digitalisasi pada bisnisnya bisa mencampai 86% secara horisontal (dari semua devisi atau unit) dan 80% secara vertikal (dari jenjang bawah sampai atas). Perusahaan di eropa akan diprediksi memiliki tingkat digitalisasi yang tinggi pada tahun 2020 dan akan terintegrasi secara erat.

3. Revolusi industri 4.0 meningkatkan produktivitas dan peningkatkan efisiensi 18% dalam lima tahun.

Sektor industri diharuskan memproduksi bahan mentah dan energi yang lebih sedikit.

Revolusi industri 4.0i memungkinkan produktivitas dan efisiensi sumber daya yang lebih tinggi dan dengan demikian menciptakan kondisi untuk produksi yang berkelanjutan dan efisien.

Perusahaan yang disurvei oleh PWC memprediksi mengalami peningkatan efisiensi rata-rata 3,3% per tahun di semua sektor karena digitalisasi rantai nilai. Jumlah ini adalah total 18% dalam lima tahun ke depan.
Para perusahan mengharapkan penghematan tahunan sebesar 2,6% sehubungan dengan pengurangan biaya operasionalnya.

Era revolusi industry telah di mulai. Kita, yang sebagai pelaku usaha sejak awal harus mulai mempertimbangkan revolusi ini. Era tersebut akan ditandai dengan penggunaan teknologi internet dan digital secara besar-besaran di perusahaan besar.

Tidak menutup kemungkinan pada bisnis sekalah yang lebih kecil, pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Maka itu untuk pelaku UMKM bisa menyiapkan kebutuhan teknologi untuk bussines continuity.

Sumber : https://www.jagoanhosting.com/blog/5-fakta-tentang-revolusi-industri-4-0/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.